.

Rabu, 29 Juni 2011

7 Wanita Pionir

1. Isabel Peron – Presiden Wanita Pertama
María Estela Martínez Cartas de Perón (lahir 4 Februari 1931), lebih dikenal sebagai Isabel Martínez de Perón atau Isabel Perón, adalah mantan Presiden Argentina. Dia juga istri ketiga dari mantan Presiden, Juan Perón. Selama masa jabatan ketiga suaminya sebagai presiden, Isabel menjabat sebagai wakil presiden dan setelah kematian suaminya saat menjabat, Isabel menjabat sebagai presiden dari 1 Juli 1974 sampai 24 Maret 1976. Dia adalah Kepala negara perempuan pertama dan kepala pemerintahan di belahan bumi Barat.

2. Sirimavo Bandaranaike – Perdana Menteri Wanita Pertama
Sirimavo Ratwatte Dias Bandaranaike (17 April 1916 - 10 Oktober 2000) adalah seorang politisi Sri Lanka. Wanita ini menjabat Perdana Menteri Sri Lanka untuk tiga kali kurun waktu, yaitu pada periode 1960-1965, 1970-1977, dan 1994-2000. Ia merupakan perdana menteri wanita pertama di dunia. Ia juga seorang Ketua Partai Kebebasan Sri Lanka (Sri Lanka Freedom Party) dan istri dari perdana menteri Sri Lanka sebelumnya, Solomon Bandaranaike. Suaminya juga atasannya untuk ketiga kali saat dia menjabat sebagai perdana menteri. Ia juga seorang ibu dari Presiden Sri Lanka kelima, Chandrika Kumaratunga, yang mana ia sendiri sebagai perdana menteri untuk masa jabatan ketiga kalinya. Ia juga seorang ibu dari Menteri Pariwisata Sri Lanka Anura Bandaranaike dan Sunethra Bandaranaike yang tampil sebagai seorang filantropis.

3. Amelia Earhart – Pilot Wanita Pertama
Amelia Mary Earhart (pelafalan /ˈɛərhɑrt/ "AIR-hart"; 24 Juli 1897 – hilang 2 Juli 1937, dinyatakan tewas 5 Januari 1939), anak perempuan dari Edwin dan Amy Earhart, adalah seorang pelopor penerbangan, penulis, dan pejuang hak wanita Amerika Serikat. Earhart adalah wanita pertama yang menerima Distinguished Flying Cross. Ia mendapat penghargaan itu karena ia adalah wanita pertama yang terbang sendiri menyebrangisamudera Atlantik. Ia juga membuat banyak rekor lainnya, menulis buku yang terjual paling banyak tentang pengalaman terbangnya, dan memiliki peran penting dalam pendirianNinety-Nine, organisasi pilot wanita. Earhart hilang secara misterius di samudera Pasifik di dekat pulau Howland dalam usaha untuk melakukan penerbangan keliling dunia tahun 1937.

4. Paola Cazzola – Pembalap Wanita Pertama
Paola Cazzola (Lahir, 29 September 1977) adalah pengendara sepeda motor Italia. sejak tahun 2004 telah didedikasikan untuk sirkuit balap, berpartisipasi dalam kejuaraan berbagai perempuan dalam kecepatan. Setelah memenangkan gelar Italia pada 2005 dan 2006 pengendara, melanjutkan untuk bersaing di Speed ​​Kejuaraan Eropa, memenangkan gelar di kategori perempuan dari 1000 pada Ducati pada tahun 2006 dan tempat kedua tahun berikut pada Yamaha. Pada tahun 2010 ia berpartisipasi di World Supersport Championship dengan Honda CBR600RR Racing tim Kuja. Setelah empat ras, bagaimanapun, adalah diganti pada malam Grand Prix di Monza di Italia, oleh Andrea Boscoscuro. Bagian dari liga sebagai wildcard di Grand Prix San Marino di Misano Adriatico di Boar YZF Tim Yamaha R6 Liar.

5. Kathryn Bigelow – Sutradara Wanita Pertama Peraih Oscar
Kathryn Ann Bigelow (lahir di San Carlos, California, 27 November 1951; umur 59 tahun) adalah sutradara film Amerika Serikat. Ia dikenal dengan film horor Near Dark (1987), film aksi Point Break (1991), dan film drama perang The Hurt Locker (2008) yang memenangi Academy Award. Film The Hurt Locker menjadikan Bigelow sebagai wanita pertama yang memenangi Penghargaan Directors Guild of America untuk Penyutradaraan Terbaik, BAFTA Award untuk Penyutradaraan Terbaik, dan Academy Award untuk Sutradara Terbaik Film ini juga memenangi Academy Award 2010 untuk Film Terbaik dan BAFTA Award untuk Film Terbaik, serta masuk nominasi Golden Globe Award untuk Drama Terbaik.

6. Marie Curie - Wanita Pertama yang Memenangkan Hadiah Nobel
Maria Skłodowska-Curie (lahir di Warsawa, Polandia, 7 November 1867 – meninggal 4 Juli 1934pada umur 66 tahun) adalah perintis dalam bidang radiologi dan pemenang Hadiah Nobel dua kali, yakni Fisika pada 1903 dan Kimia pada 1911. Ia mendirikan Curie Institute. Bersama dengan suaminya, Pierre Curie, ia menemukan unsur radium. Curie adalah salah satu dari sedikit orang yang memenangi dua Hadiah Nobel dalam dua bidang, adalah salah satu peneliti terpenting dalam bidang radiasi dan efeknya sebagai perintis radiologi. Catatan miliknya bersifat radioaktif, sampai baru-baru ini seorang cucu perempuannya mendekontaminasinya.

7. Joan of Arc - Pahlawan Wanita Pertama paling Berpengaruh
Boleh dikatakan bahwa Joan of Arc adalah simbol ksatria prancis, Dialah prajurit wanita yang namanya menyeruak di dunia kemiliteran dunia. Ia adalah wanita yang ikut bertempur langsung dengan Pasukan Inggris dalam rangka mendapatkan kembali tanah Prancis. Ia banyak memenagi pertempuran bersama pasukan Prancis sebelum akhirnya ia tertangkap dan dihukum mati pada bulan Juni 1456. namun ia tetaplah dianggap sebagai Wanita suci sekaligus pahlawan wanita paling berpengaruh di negara Prancis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...