.

Sabtu, 28 Mei 2011

7 Hewan Istimewa di Dunia


Image
Summer Breeze adalah seekor kuda betina berusia 11 tahun yang memiliki ekor terpanjang sedunia sehingga mencatatkan sejarah dan masuk dalam Guinness Book of Records. Panjang ekornya Summer adalah 12 kaki 6 inci atau sekitar 3,81 meter dan katanya sih setiap helai rambut ekot Summer memiliki teksture seperti layaknya tali pancing.
Dia ratu kecil kami dan dia juga tahu itu, jelas Miss Crystal lewat dailymail.co.uk. Meski terlahir normal dengan rambut ekor yang juga normal, namun ketika Summer semakin besar, ekornya juga ikutan tumbuh memanjang. Saking panjangnya, pemiliknya, Crystal Socha dan Casey, saudaranya menghabiskan waktu sekitar 3 jam untuk mencuci ekor si Summer setiap 2 bulannya. Juga, karena ekornya yang panjang itu, pemiliknya gak menginjinkan Summer sering bebas berada di luar arena dan seringnya mengucir ekor Summer.
Jika dia berada di luar dan ekornya melambai-lambai, maka aku tahu kenapa ekornya berharga,ujar Crystal lagi. Selain memiliki ekor terpanjang, Summer yang tinggal di Hoof Print Farm di Augusta, Kansas ternyata juga memiliki surai yang luar biasa. Saking luar biasanya, setiap kali waktu makan, surai Summer harus dirapikan dulu agar surainya gak ikutan terkunyah. Summer Breeze menjadi terkenal saat tampil di arena dan mempertunjukkan ekornya yang paling panjang itu dalam acara tahunan EquFest yang diadakan di Kolesium Kansas di Wichita.
Image
Dengan kaki-kakinya yang panjang dan cakar yang mematikan, kepiting raksasa ini bisa dipastikan adalah kepiting terbesar yang pernah dilihat orang di muka bumi ini.
Tapi itu belum seberapa. Yang lebih mencengangkan lagi, kepiting yang mempunyai panjang lebih dari 3 meter dari satu cakar ke cakar lain – ternyata masih bisa terus berkembang sampai dengan panjang 4 meter dan bisa hidup sampai umur 100 tahun!
Kepiting ini, yang disebut Macrocheira kaempferi dalam bahasa Latin, ditangkap oleh para nelayan di perairan Samudera Pasifik sebelah barat Jepang dan sekarang sudah diterbangkan ke Inggris dimana ia akan dipertunjukkan di National Sea Life Centre, Birmingham.
Di darat, kepiting raksasa ini tampak lemas dan lesu karena kaki-kakinya tidak dapat menopang tubuhnya yang berat. Namun jika berada dalam habitatnya sendiri – hingga kedalaman 762 meter di bawah permukaan laut – kepiting ini adalah pemangsa yang sangat mematikan.
Namun dia juga memiliki predatornya sendiri, yaitu manusia, seperti jenis-jenisseafood lainnya yang nasibnya dianggap lezat di Jepang.
Sekarang dia terkenal dengan julukan Crabzilla.
Image
Seekor domba asal Skotlandia terjual dengan harga 231 ribu poundsterling atau lebih dari Rp 3,8 miliar di sebuah acara lelang ternak Skotlandia. Demikian diwartakan Reuters, Sabtu (29/8). Harga ini memecahkan rekor sebagai harga domba termahal di dunia.
Jimmy Douglas, pemilik baru hewan bernama Deveronvale ini, mengaguminya lantaran sang domba memiliki tubuh yang bagus dan daging pinggang yang kuat. Setelah membeli domba tersebut, Douglas berencana untuk mengembangbiakkannya. Sang pemilik lama, Graham Morrison, tak menyangka domba miliknya itu bisa mencapai harga begitu tinggi.
Image
Lobster dua warna ini tanpa sengaja di tangkap oleh seorang nelayan asal Maine, Amerika Serikat yang bernama Alan Robinson pada tahun 2006. “Aku sebelumnya mengira bahwa seseorang sedang mengerjaiku !!”, kata Robinson.
Wajar saja dia mengira begitu, karena lobster dua warna ini tampak seolah-olah “setengah matang”. Lihat saja perbedaan warna pada kedua sisinya. Sisi yang satu berwarna biru tua, seperti umumnya warna lobster. Sedangkan sisi yang lain tampak berwarna oranye, seperti warna lobster habis dimasak…!!!
Petugas dari Mount Desert Oceanarium, tempat dimana Alan Robinson menyumbangkan lobster tangkapannya ini, menyatakan bahwa lobster unik ini hanya ada satu dari 50-100 juta kemungkinan
Tetapi dua tahun kemudian, tepatnya pada 2008, lobster dua warna unik dan langka ini juga ditemukan oleh Edward Pothier dari Digby County, Kanada. Lokasi keduanya memang berdekatan, di perbatasan Kanada dengan Amerika Serikat.
Image
Sangat jarang ada ikan kembar siam di perut dan hebatnya lagi mampu bertahan hidup. Ikan ini berjenis Nila Tilapia berumur 8 bulan dari Thailand dan mampu hidup “bersama” dengan posisi satu di atas sedang “sodara”-nya di bawah.
Percaya atau tidak: ikan2 ini benar-benar kembar siam!
Ikan jenis air tawar ini biasa ditemukan di sungai-sungai tropis atau danau-danau, tapi ikan yg satu ini hidup di satu aukarium di Bangkok, Thailand.
Aslinya ikan ini berasal dari perairan Afrika dan berimigrasi ke Cape Horn. Lalu masuk ke sistem irigasi sehingga bisa menghambat pertumbuhan algae yg mulai menjadi hama yg mengganggu.
Si kembar ini benar-benar kompak sehidup semati. Ikan yg lebih besar di atas bahkan terlihat ikut membantu sodara di bawahnya waktu sodatanya ini mencari makan.
The Arkansas Game & Fish Commission mengemukakan kejadian binatang kembarsiam dapat terjadi sekali pada satu juta kelahiran. Tapi biasanya mereka mati sebelum sempat ditemukan.
Image
Amy, si kelinci raksasa yang berumur 3 tahun ini memiliki berat 3,5 stones (22,225 kg) dan memiliki ukuran 4 kaki (sekitar 1,219 m), dihitung dari ujung hidungnya hingga ujung ekor bulatnya yang super besar. Amy menjadi pemegang rekor kelinci terbesar dan terpanjang di dunia setelah sebelumnya rekor tersebut dipegang oleh Roberto yang memiliki berat 2,5 stones (15,875 kg) dan 3 kaki 6 ichi. (106, 68 cm).
“Aku tak pernah menyangka aku akan melihat hal itu, namun sekarang secara resmi Amy lebih besar dari Roberto.”
Baik Amy dan Roberto adalah kelinci milik Annete Edwards.
Saking besarnya, Amy terpaksa harus tidur diluar kandang anjing. Setiap hari Amy makan makanan khusus kelinci yang diletakkan di mangkuk makanan anjing dan 2 buah apel, segenggam penuh wortel, separuh kubis dan rumput yang segar.
Tapi menurut Annete (55 tahun), Amy tidaklah gemuk karena ia makan makanan yang sehat. Setiap hari Annete harus menyisihkan 10 Poundsterlling hanya untuk kebutuhan makan Amy. Toh begitu Annete mengakui kalau Amy sangat besar dan itu karena Amy rajin berlatih dan mendapat makanan bergizi.
“Amy itu suka pilih-pilih makanan. Ia hanya suka jika wortelnya masih memiliki daun hijau diatas wortelnya dan rumputnya juga harus segar, jika tidak ia tidak akan mendekati makannya.”
Amy dan Roberto dibeli di Holland dari seorang peternak kelinci saat Annete menjalankan toko hewan peliharaan di Worcester. Saking sayangnya Annete dengan kedua kelinci itu, dua tahun lalu ia membuat acara pernikahan untuk Roberto dan Amy dan mengundang 100 orang tamu.
Namun sayangnya, baik Amy dan Roberto harus dipisah setelahnya. Jika tidak mereka akan selalu menghasilkan banyak anak kelinci, Namun demikian Annete berharap agar anak mereka nantinya menggantikan mereka memegang rekor kelinci terbesar di dunia.
”Pemegang rekor selanjutnya kuharap adalah salah satu anak mereka – yang mana semuanya besar namun masih harus terus berkembang,” tutur Annete. Aku suka kelinci dan aku benar-benar ragu jika ada pasangan kelinci lain yang lebih besar dari mereka saat ini. Mereka adalah benar-benar pasangan kelinci yang sangat besar,” tambahnya.
7. Cumi-Cumi Tersenyum
Image








Di dunia ini memang aneh-aneh, koran Inggris “Daily Mail” melaporkan seekor cumi-cumi yang tersenyum dan lucu. Menurut laporan, ilmuwan di Cabrillo Aquarium Southern California baru-baru ini menemukan sebuah cumi-cumi kecil, tampak seperti kartun babi dengan tubuh yang gemuk. Yang fantastis adalah cumi-cumi kecil ini mempunyai wajah yang tersenyum, sangat lucu.
Nama ilmiah cumi-cumi kecil yang gembira ini adalah helicocranchia pfefferi, ia ditangkap oleh sebuah perahu nelayan laut dalam di dalam air Lautan Pasifik antara Los Angeles dan Catalina Island. “Cumi-cumi wajah tersenyum†ini besarnya seperti sebuah alpukat, ditemukan di dalam air dengan kedalaman 100 meter. Cumi-cumi tersebut senang mengisi tubuhnya dengan air, di belakang kedua matanya terdapat organ yang menghasilkan cahaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...