.

Selasa, 12 Juli 2011

7 Makanan Berkuah Penggugah Selera

1. Bakso
Bakso atau baso adalah jenis bola daging yang paling lazim dalam masakan Indonesia. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga baso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur, ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar. Berbagai jenis bakso sekarang banyak di tawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan dan mall-mall. Irisan bakso dapat juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, 

2. Soto
Soto, sroto, atau coto adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Daging yang paling sering digunakan adalah sapi dan ayam, tapi juga babi dankambing. Berbagai daerah di Indonesia memiliki jenis soto sendiri, dengan kandungan yang berbeda-beda, misalnya Soto Kediri soto Madura, soto Betawi, soto Padang, soto Bandung,soto Sokaraja, soto Banjar, soto Medan, coto Makassar. Soto juga dinamai menurut kandungannya, misalnya soto ayam, soto babat, soto kambing. Soto memiliki banyak kemiripan dengan sop.

3. Sup
Sup atau sop adalah masakan berkuah dari kaldu yang dibuat dengan cara mendidihkan bahan, dan biasanya diberi bumbu serta bahan lainnya untuk menambah rasa. Bahan yang terdiri dari daging,sayur, atau kacang-kacangan direbus sampai membentuk sari. Perebusan bukan merupakan suatu cara masak yang umum sampai penciptaan wadah tahan air sekitar 5.000 tahun yang lalu. Secara tradisional, sup dibagi menjadi dua kelompok: sup jernih dan sup kental.

4. Tom Yum
Tom yam , juga kadang-kadang disebut tom yamatau dom yam adalah sup yang berasal dari Thailand. Sup ini merupakan salah satumakanan Thailand yang terkenal. Di Thailand, tom yum biasanya dibuat dengan udang (tom yum goong), ayam (tom yum gai), ikan (tom yum pla), atau makanan laut yang dicampur (tom yum talay atau tom yum po taek) dan jamur.

5. Kari
Kari adalah nama untuk berbagai jenis makanan yang dimasak dengan rempah-rempah hingga mempunyai rasa tajam dan pedas. Kari adalah masakan asal Asia Selatan, terutama dari Indiayang telah meluas ke seluruh negara di kawasan Asia Pasifik dan Eropa. Bumbu dan rempah-rempah yang digunakan untuk membuat kari sangat beragam dan tidak terbatas pada ketumbar, kunyit, merica, cabai, bubuk paprika, jintan, kayu manis, kapulaga,bunga lawang, kelabet, adas manis, daun salam koja, dan cengkeh. Jenis rempah-rempah yang digunakan bergantung jenis kari dan negara asal masakan. Bubuk kari (curry powder) atau masalaadalah campuran dari berbagai jenis bumbu dan rempah yang pertama kali dibuat oleh orang Inggris pada zaman Kemaharajaan Britania karena rindu dengan kari India.

6. Ramen
Ramen adalah masakan mie Jepang. Ini terdiri dari gaya Cina mie gandum disajikan dalam kaldu daging atau ikan berbasis, seringdibumbui dengan saus kedelai atau miso, dan menggunakantopping, seperti daging babi diiris, rumput laut kering, kamaboko, bawang hijau, dan kadang-kadang jagung. Hampir setiap wilayahdi Jepang memiliki variasi sendiri ramen, dari tonkotsu (kaldutulang babi) ramen Kyushu ramen miso ke Hokkaido.

7. Sundubu Jjigae 
Sundubu jjigae adalah jjigae panas dan pedas (rebus Korea) hidangan dibuat denganuncurdled dubu (tahu), seafood (tiram, remis, kerang dan udangadalah bahan umum), sayuran, jamur, bawang, daun bawang, dangochujang atau gochu Garu (bubuk cabai) dalam masakan Korea.Sebuah telur mentah diletakkan di jjigae saat masih mendidih.Hidangan ini dimakan dengan semangkuk nasi putih dimasak danbeberapa banchan (lauk pauk). Hal ini dimakan secara luas dan salah satu makanan favorit di Korea Selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...